Alternative Belanja Batik Selain Di Pusat Batik di Solo

Sudah menjadi trade mark kalau mau belanja batik yang bagus ya di Solo. Memang kota Solo terdapat banyak pusat pusat perbelanjaan yang memiliki berderet deret pertokoan yang menjual batik dengan berbagai variasi harga dan motif yang bagus bagus. Tak hanya itu, terdapat pula perkampungan yang menjadi penghasil batik sejak ratusan tahun yang lalu yang sampai saat ini masih memproduksi batik.

Tetapi bagaimana kalau anda butuh batik yang harganya murah, butuh satu motif dalam jumlah yang banyak serta anda menginginkan motif custom pada batik yang akan dibeli? Hal seperti ini adalah pertanyaan yang sering ditayakan oleh orang orang yang membeli kain batik untuk kebutuhan seragam batik misalnya untuk baju seragam batik siswa sekolah ataupun juga untuk baju batik seragam kantor.

artikel terkait : pabrik batik di indonesia

Kendala ini ternyata ditangkap oleh para pengrajin batik yang berada di sebelah kota Solo yaitu desa Pilang kecamatan Sragen sebagai peluang bisnis sekaligus solusi untuk pencari batik seragam. Jika anda membutuhkan kain batik untuk seragam, silahkan menuju kecamatan Masaran yang berlokasi di perbatasan kabupaten karang anyar dan sragen. Kalau dari pusat kota solo hanya berjarak sekitar 22 km atau kurang lebih 50 menit perjalanan.

Di desa pilang, terdapat banyak pengrajin batik yang sudah menekuni usahanya lebih dari 50 tahun yang lalu. Awalnya para orang tua mereka pernah bekerja sebagai pembatik di kota solo. Setelah mahir, mereka membuka usaha mandiri di rumah masing masing. Kini usaha pembatikan diteruskan oleh anak dan cucu mereka. Batik yang diusahakan oleh penduduk setempat meliputi batik tulis, batik cap dan juga batik printing.

Pembuatan baju batik untuk seragam anak sekolah tentunya tidak bisa dihargai dengan harga yang mahal. Untuk itu tidak mungkin kalau pembuatan baju seragam batik sekolah itu memakai bahan dari batik tulis ataupun batik cap. Oleh karena itu alternativenya adalah mempergunakan kain batik printing.

Proses pembuatan Kain batik printing relatif lebih singkat, kapasitas produksinya bisa dalam jumlah besar per harinya serta bisa memenuhi order motif custom untuk melayani pembuatan batik bermotif sederhana yang berlogo atau slogan sekolah tertentu. Konsumen yang telah menjadi pelanggan di sana berasal dari seluruh Indonesia. Order pembuatan kain batik custom untuk baju seragam batik sekolah dan pegawai mulai meningkat ketika pemerintah menghimbau semua instansi di Indonesia untuk memakai batik sebagai salah satu baju seragamnya.

Tinggalkan komentar

WhatsApp us whatsapp
Telepon
Whatsapp