Presiden Jokowi dan sang Istri Iriana Memakai Kain Batik Sidomulyo di Acara Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Putri presiden Joko Widodo yang bernama Kahiyang telah resmi dipersunting oleh Pria gagah bernama Bobby. Sebagai masyarakat asli solo yang menjunjung tinggi adat dan budaya, keluarga presiden Joko Widodo memilih prosesi pernikahan serta resepsi dengan memakai adat pernikahan Solo. Oleh karena itu telah nampak baik pengantin maupun orang tua pengantin yang tampil elegan dengan balutan busana tradisional Jawa yang kentara dengan unsur batik Solonya.

Dengan busana batik yang seragaman, Presiden Joko Widodo mengenakan kain bawahan dengan batik bermotif Sidomulyo yang juga sama dikenakan oleh sang istri, ibu Iriana Jokowi. Ibu iriana tampil anggun dengan bawahan batik sidomulyo dengan atasan berupa kebaya dengan warna keemasan dan juga Presiden Joko Widodo yang mengenakan beskap hitam dengan bawahan batik sidomulyo juga.

Sesuai adat pernikahan Solo, baik kedua mempelai pengantin maupun orang tua mempelai pengantin akan disarankan memakai busana dengan batik sidomulyo atau sejenisnya seperti batik sidomukti, sidoluhur, wahyu temurun dan truntum. Batik batik dengan nama motif tersebut memang dibuat dengan makna mendalam untuk kebaikan dalam pernikahan. Seperti halnya batik bermotif sidomulyo yang asal katanya adalah sido bermaka berkelanjutan sedangkan mulyo adalah kemapanan, dan kebahagiaan. Jadi pemakaian batik sido mulyo adalah doa harapan agar pengantin menjadi bahagia dan mapan selamanya.

Kalau dicermati dan dihafalkan ciri khas dari batik sidomulyo ini, maka akan terlihat motif batik yang berupa pola geometris dengan bidak bidak persegi yang isian isiannya bisa berupa motif gambar bunga, kupu kupu atau tumbuhan.

Dalam prosesi pernikahan adat jawa terutama adat Solo, ada berbagai macam jenis motif batik yang digunakan oleh kedua calon mempelai dan keluarga mulai dari prosesi lamaran, tukar cincin, siraman, akad nikah , resepsi dan juga sampai di kamar di saat malam pertama. Beberapa motif batik itu bernama motif batik satrio manah, motif batik semen rante, motif batik parang kusumo, motif batik truntum, motif batik wahyu temurun, motif batik pamiluto, motif batik sidoluhur, motif batik sidomukti, dan motif batik ceplok kesatriyan. 

Tinggalkan komentar

WhatsApp us whatsapp
Telepon
Whatsapp