Diversifikasi Penggunaan Batik untuk Aksesoris yang Dihargai Mahal

Diversifikasi Penggunaan Batik untuk Aksesoris yang Dihargai Mahal

Kalau anda suka jalan – jalan dan kebetulan mampir ke pusat pembelanjaan fashion dan souvenir misalnya di sepanjang jalan malioboro di Jogja ataupun di pasar Klewer di Solo, maka anda akan menemukan berbagai produk aksesoris yang terbuat dari kain batik. Produk – produk seperti tas punggung, sling bag, tote bag, tas laptop, dompet dan juga ikat pinggang tampil cantik yang digantung di displaynya para pedagang di sana.

Terkadang tak hanya aksesoris saja yang ditawarkan dalam tampilan batik, melainkan juga benda benda seperti cover table dan juga cover tissue box yang terbuat dari batik. Semua benda benda itu dibuat dengan memadupadankan kain batik dengan material lain sehingga lebih mudah untuk dibentuk menjadi produk batik selain busana.

Menurut penuturan pedagang, awal awalnya aksesoris berbahan batik yang ada adalah seperti dompet batik ataupun juga benda benda berukuran kecil seperti ikat rambut dan bros batik yang memang pembuatannya mengandalkan kain dari sisa produksinya konveksi baju batik. Namun sekarang setelah dirasa peminatnya meningkat, maka ada benda seperti tas dan tempat tisu yang berbahan batik yang tentunya terbuat dari kain batik yang masih utuh.

Penggunaan kain batik untuk bahan produksi aksesoris ataupun benda lain selain busana memanglah hal yang baru serta sangat potensi untuk dikembangkan. Ini bisa menjadi diversifikasi produk batik serta akan terjadi peningkatan permintaan pasar akan kain batik yang ujung ujungnya akan sangat membantu sekali perputaran roda perekonomian para pengrajin batik.

Dalam pembuatannya, kain batik dilekatkan ke permukaan bahan lain seperti bahan mitasi, spons, dinir, atau bahan lainnya. Setelah melekat dengan kuat, selanjutnya bahan kombinasi tersebut dipotong sesuai pola dan dijahit menjadi benda yang diinginkan seperti tas laptop, dompet, ikat pinggang, dan lain lainnya.

Pembuatan aksesoris dengan bahan batik ini dirasa sangat bagus potensinya. Untuk harga tas punggung ataupun tas laptop batik yang berkualitas, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Tentunya hal ini adalah peluang yang positif untuk semua orang yang bergelut dengan dunia batik.

Faktanya batik memanglah textile yang sangat bagus untuk dibuat menjadi beragam benda selain busana. Kalaulah anda mampir menginap di hotel hotel atau sedang perawatan tubuh di spa, maka anda akan menemukan banyak sekali perlengkapan interior yang berbalut dengan batik misalnya saja korden jendela, bed cover, cover bantal, dan lain lainnya yang nampak penuh estetika dan menampilkan seni yang tinggi. 

Tinggalkan komentar

WhatsApp us whatsapp
Telepon
Whatsapp